Connect with us

BERITA

Indonesia Sebagai Model Perkembangan Islam di Eropa

Published

on

Indonesia merupakan inspirasi dan panutan bagi perkembangan Islam di Jerman, khususnya, dan Eropa pada umumnya, karena negara Muslim terbesar di dunia itu berhasil mengamalkan Islam moderat, kata pejabat Kementerian Luar Negeri Jerman.

Hal itu disampaikan Duta Besar dan Kepala Seksi Agama dan Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Jerman Dr Volker Berresheim dalam webinar yang diadakan di Frankfurt awal pekan ini, Kepala Seksi Informasi, Sosial, dan Budaya KBRI Berlin, Hannan Kata Hadi, Rabu.

“Kita harus mengambil isyarat dari Indonesia tentang bagaimana Islam dipraktikkan dan diajarkan di berbagai tingkat pendidikan,” kata Berresheim seperti dikutip oleh Hadi pada webinar tentang pelatihan bagi para imam yang diselenggarakan oleh Akademie für Islam di Wissenschaft und Gesellschaft (AIWG).

Praktik yang diikuti di Indonesia menjadi model acuan untuk merumuskan kurikulum pelatihan bagi para imam di Eropa, termasuk Jerman, ujarnya.

Bertema “Membangun Jembatan antara Negara dan Komunitas Muslim”: Pelatihan bagi Para Imam di Eropa dan Amerika Utara sebagai Common Issue, webinar ini menampilkan akademisi dari berbagai universitas di Eropa, seperti Prancis, Denmark, dan Belanda.

Prof.Dr Azyumardi Azra dari Indonesia menjadi satu-satunya pembicara non-Eropa pada pelatihan yang pesertanya terdiri dari perwakilan Schura di Hamburg, Jerman, dan Al Ghazali Institute, Prancis, kata Hadi.

Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini berbicara dalam webinar atas undangan Kementerian Luar Negeri Jerman untuk memberikan masukan tentang program pelatihan bagi para imam di Eropa, kata Hadi.

Azra bercerita tentang pengalamannya merumuskan kurikulum studi Islam di Leuven University, Catholic University di Belgia.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 HarianKami.com |