Connect with us

Kekinian

Panitia Rekrutmen Calon Anggota Polri Disumpah

Published

on

Kupang, Gatra.com- Wakapolda NTT Brigjen Pol. Ama Kliment Dwikorjanto, Selasa 13 April 2021 memimpin kegiatan pengambilan Sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Calon Anggota Polri T.A. 2021 Panda Polda NTT.

Pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini merupakan komitmen panitia seleksi dan peserta seleksi. Jadi bukan hanya bersifat seremonial belaka akan tetapi sebagai pertanggung jawaban moral guna mewujudkan pelaksanaan sistem seleksi yang baik dan transparan ,” kata Wakapolda NTT Brigjen Pol. Ama Kliment Dwikorjanto, saat penandatanganan pakta integritas.

Dalam seleksi penerimaan calon anggota Polri tahun ini jelas Brigjen Pol. Ama Kliment semuanya dilaksanakan secara transparan. Diawasi berlapis antaranya dari pengawas internal dari kepolisian dan pengawas eksternal, antaranya LSM, Tokoh Agama dan Wartawan.

“Pelibatan pengawas eksternal dan pengawas internal ini untuk menjamin mutu hasil rekrutmen yang proaktif, One day service test. Dimana hasil tes akan diumumkan pada hari yang sama. Kepada panitia seleksi yang telah diambil sumpah agar memegang teguh komitmen bersih, transparan, akuntabel, humanis, clear and clean,” jelas Brigjen Pol. Ama Kliment.

Lebih lanjut Brigjen Pol. Ama Kliment mengharapkan agar pola rekrutmen, penerimaan calon anggota Polri tahun ini lebih baik dari tahun –tahun sebelumnya. Dengan program rekrutmen proaktif, One day service test, hasil tesnya diumumkan pada hari yang sama,

“Saya harapkan penerima tahun 2021 ini dapat berjalan lebih baik dari penerimaan tahun lalu yang cukup mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan pimpinan Polri. Pola rekrutmen dimana hasil tes diumumkan pada hari itu juga dapat menjamin akan menghasilkan anggota Polti yang bermutu,” katanya.

Terkait rekrutmen proaktif ini sebut Brigjen Pol. Ama Kliment adalah hasil kolaborasi antara Polda NTT dengan Pemerintah Daerah dalam menjaring putra putrid daerah yang berprestasi.

“Pola kolaborasi Polda NTT dengan Pemerintah daerah ini diharapkan akan dapat melahirkan bibit-bibit personel Polri yang unggul. Selain itu kompetitif serta mampu melestarikan kearifan lokal,” kata Brigjen Pol. Ama Kliment .

Diakhir arahannya, dia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada pemerintah daerah, unsur pengawas, instansi terkait, panitia penerimaan, seluruh komponen masyarakat yang telah berpartisipasi dan mendukung penerimaan angota Polri terpadu Tahun Anggaran 2021.

“Mari kita kawal, mari kita awasi agar penerimaan anggota Polri di Polda NTT, dapat berjalan dengan clear and clean agar dapat mewujudkan angota Polri yang Predikrif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (Presisi) ,” kata Brigjen Pol. Ama Kliment.

Dia menambahkan tahun anggaran 2021 Polri menggelar rekrutmen secara nasional. Untuk Taruna Akpol dengan peserta sebanyak 93 orang, Bintara Polri sebanyak 3.370 orang dengan Bintara Polisi Tugas Umum 3.237 orang dan Bakomsus 133 orang. Sedangkan Tamtama Polri sebanyak 361 orang peserta. Khusus untuk Bintara Polri, pada tahun ini dibagi dalam dua kelompok yakni Bintara Polisi Tugas Umum dan Bintara Kompetensi Khusus.


Reporter: Antonius Un Taolin

Editor: Rohmat Haryadi




Source link

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 HarianKami.com |